k3mem

Renungan pernikahan untuk yang belom/sudah

In sastra on February 6, 2009 at 6:15 am

Dear All,

Boleh sharing ?

Berdasarkan pengalaman pribadi
(hehehe…) memiliki pasangan
(pacar or tunangan) dengan menikah itu
bisa berbedaa banget

Saya termasuk orang yang cepet banget
punya pasangan.

Dan masa pacaran yang pertama itu
nyaris 10 tahun dari SMP sampai
kuliah (hihihi). Tapi gak tau kenapa,
dari awal saya udah merasa bahwa
pacar yang ini bukan calon suami yang
akan mendampingi saya sesisa
umur saya.
Padahal dia tuh orangnya baiiiiiiik
banget.
sabaaaaar bangeeeet.
ngertiiii iiiiiiiin banget
dan banyak hal-hal baiiiiiiiik banget
yang dia miliki.
Hanya saja sejalan dengan perkembangan
umur
perkembangan minat perkembangan lain-
lain saya merasa bahwa dia tidak
akan mampu mendampingi saya yang maunya
banyaaaaaaaaak banget.
Jadinya kita pun putus baik-baik dengan
perencanaan tanpa rame-rame
(walaupun akhirnya seluruh keluarga
geger abis)
dan membutuhkan waktu hampir 2 tahun
untuk menyelesaikan banyak hal.

Kemudian saya kenal dengan suami saya
sekarang ini.
Masa pacaran juga lamaaaa banget…
sekitar 3 or 4 tahun gitu…
pokoknya udah bikin semua ilfil…
bosen… dan cape nanya …
(tapi aku keukeuh sukeukeuh… tidak
tergoda untuk menanggapi). ..
Calon mertua juga udah cape nanya, cape
mengancam…
cape ngeliat kita gak jelas
juntrungannya. ..
Teman-teman, sodara, calon gebetan (
belum sempet nggebet siiih…)
sudah berdebar-debar menunggu…
jalan terus apa bubar.
Sampai akhirnya… tiba- tiba saya mau
aja diajakin
married…

Begitulah… begitu married…
astaga… kemana itu yang namanya
pacaran tahun-tahunan. ..
Yang namanya pacar sama suami itu beda
banget…
(hehehe. …maaf para suami !).

Mungkin dia juga mikir… pacar sama
isteri juga bedaaaaa banget.
Padahal.. rasanya waktu pacaran itu
semua stok sifat buruk
udah keluar semua…
(iyalah.. pacaran segitu lama…rumah
juga gak
jauh-jauh amat..masih satu
lingkungan.. .hikksss. ..).

Tapi ternyata ada modifikasi sifat…
ada kebutuhan baru yang nggak kepikiran
sebelumnya.
Contoh paling sederhana…
jaman pacaran sih kita (cewek) seneng
aja membuatkan minuman buat sang pacar.
Giliran married…duuuh. ..bangun tidur
diminta bikinkan coklat susu sementara
kita juga masih nguanttuuuukkkk. ..(tau
aja kan manten baru…)…
rasanya darah udah naik ke kepala…
Trus… karena belum punya pembokat
(walaupun udah misah rumah sama
mertua)…
kita kan harus cuci pakaian sendiri.
Tuuhh si Tuan besar enak aja ngelempar
celana sama
bajunya ke pojokan kamar…
Duaaaar.. apa gak kepala mo meledak
rasanya ?
Biasa kan kamar cewek tuh rapi dan
teratur..
tiba- tiba jadi kayak kapal pecah !

Masih ada lagi dosanya… kalo mencet
odol… pasti dari tengah… dan
gak pernah ditutup lagi !!!!
( …setelah saya baca di banyak
artikel
mengenai pria…ternyata urusan mencet
odol ini memang sudah menjadi
bagian perilakunya. ..hahaha…) ……

kalo nonton tv kerjanya mainin
remote control sampe kita senewen
ngeliatnya.. .
kalo udah berkutat
sama hobinya kita ditinggalin begitu
saja…

Hal-hal kecil itu…dan kadang ada hal
besar juga… memang menjadi
agenda dan kurikulum perkawinan.

Lima tahun pertama… urusannya masih
perang antar suku…
(silang pendapat, pertandingan egoisme,
mencari
jati diri sebagai isteri dan suami)…

Lima tahun kedua…urusannya udah mulai
ke visi dan misi mengenai
pendidikan anak…

Lima tahun ke tiga…urusannya udah ke
pengembangan karier dan
rumahtangga. . (udah mulai numpuk-
numpuk kekayaan…hehehe. ..)…

Lima tahun ke empat urusannya udah masa
depan anak…mo kemana niih
anak kita…jadi udah kembali ke siklus
hidup kita yang awal lagi…

Kenapa perkawinan bisa bertahan ?
Jawabnya sederhana : karena KOMITMEN !!

Kita berkomitmen untuk hidup bersama
dengan orang yang sangat berbeda
dengan kita.
Kita berkomitmen untuk mengisi segi-
segi yang kurang dari pasangan
kita.

Sama seperti kita juga menerima dia
untuk mengisi kekurangan kita.
Justru semakin banyak kekurangan
pasangan kita,
maka semakin berguna hidup kita.
Dan semakin banyak kekurangan kita,
semakin banyak kita
menerima dari pasangan kita.

Kekurangan itu tidak semakin berkurang
dengan bergulirnya waktu…tapi terus
bertambah.
Dan kita pun akan semakin banyak
harus mengisi kekurangan pasangan kita,
sementara kita juga semakin banyak
menerima dari pasangan kita.

Kalau kita sudah malas berkomitmen,
maka perkawinan sudah diambang
pembubaran. Tidak perlu menunggu orang
kedua atau ketiga.
Semua itu ada dari dalam diri kita
sendiri.

Jadi begitulah…
Kalo memang belum siap berkomitmen. ..
biar pun pacaran 10 tahun…
20 tahun… seyogyanya nggak usah
married.
Biar aja orang lain yang cape komentar .
Toh yang akan menjalankan hidup
berkeluarga nanti adalah
kita berdua… dan kelak anak-anak kita
juga.
Memang ada yang bilang, ngapain pacaran
lama-lama…
kalau sudah ada yang mau ya langsung
saja.
Itu juga oke… bagaimana kita mampunya
aja berkomitmen.

Ada yang bilang, perkawinan itu seperti
main judi.
Tapi judi kan seperti tebak-tebakan.
Untung-untungan.
Padahal perkawinan bisa dipelajari.
Saya bilang, perkawinan itu seperti
sekolah tanpa akhir…
tanpa ijazah…
Tiap hari kita belajar, tiap hari kita
ujian..
dan uji ketahanannya harus seumur
hidup.

Satu hal… tidak ada perkawinan yang
ideal !
Setiap pasangan memiliki pola sendiri.
Jadi kita sendirilah yang
membuat perkawinan itu mau ideal apa
tidak.
Jadi jangan mencontek perkawinan orang
lain…
karena kita bukan menikah dengan salah
satu pasangan yang ideal itu…
dan kita pun bukan pasangan ideal dari
orang yang ideal di luar sana .

Yang cocok untuk orang lain, belum
tentu ideal untuk kita.
Yang cocok untuk kita, belum tentu
ideal buat orang lain.

Buat yang sudah married…
mohon maaf kalau tidak sesuai dengan
pakemnya.

Untuk yang belum married… go ahead…
hidup ini punyamu sendiri kok…
Memilih menikah sekarang atau besok,
adalah pilihan hidup masa depan..
Kalau mau belajar coba-coba ya
monggo…ntar yang sengsara
kan diri sendiri.

by k3mem from someone to whoever read this...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: